Sabtu, 22 Februari 2014

Tips Backpacker ke Singapura 2014

Hai blogger! Ketemu lagi deh sama aku hihihi. Sebenernya aku udah punya blog, tapi pengen aja bikin blog lagi buat nyeritain pengalaman backpacker ke negeri singa alias Singapura selama 7 hari kemaren. Oke, langsung aja, Cekidots!

Kemaren tanggal 13-19 Februari 2014 aku sama dua temen kuliahku jalan-jalan ke Singapura. Kita  rencanain perjalanan ini udah dari berbulan-bulan sebelumnya. Nih aku kasih tipsnya buat persiapan jalan-jalan ke luar negri khususnya Singapura.

1. First, kalian harus bikin Passpor dulu, nah bikin passpor ini gampang banget. Tinggal bawa aja syarat-syaratnya kayak fotocopy akte/ijazah, fotocopy kartu keluarga, sama surat rekomendasi dari kampus (bisa minta di sekretariat prodi masing-masing universitas, bilang aja ke mbak-mbaknya mau bikin passpor gitu). Nah setelah syarat-syarat lengkap, kalian tinggal pergi deh ke kantor Imigrasi terdekat di kota kalian. Kalo aku sih dulu bikin di kantor Imigrasi Yogyakarta, deket sama bandara Adisucipto.
Pertama kali dateng, ambil nomer antrian dulu ke bapak-bapaknya yang jaga, abis itu ambil map warna kuning yang udah di sediain disana terus tinggal isi deh formulirnya terus masukin dokumen-dokumen penting ke map itu. Abis itu kita tinggal nunggu nomer kita di panggil terus ke counternya, kalo syarat kita uda lengkap, kita di kasih kayak kuitansi gitu buat wawancara 2 hari lagi.
2 hari kemudian kita dateng lagi buat wawancara sama foto buat passpor, tapi sebelumnya kita ambil nomer antrian lagi hohoho. Sebelom wawancara sama foto, kita harus bayar dulu, kalo gak salah sih waktu itu cuma abis Rp. 265.000. Nah kita antre lagi nih buat wawancara sama foto. Kalo nama kita udah di panggil, tinggal masuk ke ruang wawancara, ntar paling cuma di tanya-tanyain mau kemana, ngapain, gitu-gitu doang sih. Abis itu langsung foto terus di kasih kuitansi lagi buat ngambil passpor yang udah jadi.
Besoknya dateng lagi deh ke kantor Imigrasi buat ngambil passpor, harus ambil nomer antrian dulu.  Kalo udah di panggil langsung ke counternya, ntar kita di suruh fotocopy passpor dulu sama beli sampul passpor terus balik lagi ke counter buat di cap. Dan taraaaa! Passpor udah jadi hohohoho

Nah ini dia Passpor Republik Indonesia hohoho
2. Second, you have to buy promo ticket! Kenapa harus tiket promo? Karena harganya lebih murah tapi kalian harus booking berbulan-bulan sebelumnya. Kemaren aku dapet tiket airasia buat berangkatnya dan tigerair buat pulangnya. Kalo di jumlah tiket PP YOG-SIN cuma Rp. 605.000 aja! Yayyyyy!!! Tapi kesalahannya adalah kita bertiga lupa buat beli bagasi pas pulangnya, alhasil tombok 30 dollar deh buat bayar bagasi huhuhu. Jadi aku saranin, kalian kalo mau beli tiket mending berangkatnya gak usah pake bagasi tapi pulangnya harus pake bagasi, buat jaga-jaga kalo overload belanjaan gitu. Oh iya, info aja nih, buat maskapai AirAsia, kita boleh bawa tas/koper ke kabin dengan berat maksimal 7kg, kalo maskapai Tigerair, maksimal 10kg, tapi kemaren aku bawa 11,9 kg tetep diitung 10kg lhoo hohohoho.

3. Third, kalo udah dapet tiket pesawat, langkah selanjutnya adalah pesen hostel. Nah kalo di Singapura ini, aku saranin kalian buat nginep aja di hostel, soalnya wifi + sarapannya gratis hohoho walopun boboknya rame-rame sama orang gak di kenal tapi it's not a big problem lah, untung-untungan kalo bisa sekamar sama cowok ganteng kayak yg aku alamin kemaren hohohoho. Oh iya, kemaren aku pesen hostelnya lewat mbak Darling, dan dapet diskon pula hohoho jadi pesen di mbak Darling ini harganya lebih murah dari di Agoda, pokoknya gampang banget deh! Ini alamat webnya kalo kalian mau pesen tiket juga di mbak Darling --> jalanjajansingapura.com
Pas hari pertama sama kedua aku sama temen-temen nginep di hostel City Backpacker alamatnya di 18 Hong Kong Street, Clarke Quay/Riverside, Singapore. Hostelnya ini kayak di tengah kota gitu, kemana-mana deket, mau ke mall Central Mall Clarke Quay juga deket banget, di samping hostel juga ada 7-11, jadi kalo mau beli apa-apa juga deket.
Aku di depan pintu masuk hostel hohoho

Terus hari selanjutnya aku nginep di Traveller @sg Hostel, 111H King George's Avenue, Lavender/Kallang, Singapore. Hostel yang satu ini agak jauh dari peradaban, tapi lokasinya enak buat jalan tapi agak sepi gitu hohoho. Penjaga hostelnya ramah banget, koperku aja di angkatin sampe lantai 3 hahahhaa, terus kamarnya lebih bersih, kamar mandinya juga wangi, makanan + minumnya lebih bervariasi, tapi sebelnya kita sekamar sama bule bau yang doyan marah-marah bzzzzz.

Aku di depan hostel Traveller @SG hohoho

4. Bikin rencana perjalanan kalian mau kemana aja selama di Singapura. Rajin-rajin aja baca blog backpackeran gitu. Kalo aku kemaren sempet ke USS(Universal Studio Singapore) sama liat Song of the Sea, dan lagi-lagi dapet tiket diskon dari mbak Darling hohoho.

5. Oh iya, di singapura jangan lupa bawa tempat minum kayak tupperware gitu, soalnya air minum di singapura tu mahal bangeeeeet! Hampir 10x lipat dari harga di Indonesia, kemaren aja aku liat air minum yang merk Aqua di 7-11 harganya 2.80 dollar, 1 dollarnya Rp.9.700. Gak usah panik karna di Singapura banyak tap water gitu di tempat-tempat umum.

6. Bawa baju secukupnya aja, kemaren aku bawa baju kebanyakan jadi banyak yang gak kepake deh -_-. Oh iya, buat cewek-cewek mending beli celana dalam sekali pake aja, gak ribet sekali pake langsung buang.

7. Tuker uang di Indo aja, soalnya rupiah di Singapura itu ratenya kecil banget huhuhu

8. Buat yang pake hp Iphone atau Android, download deh aplikasi Singapore Maps, ngebantu banget kalo kita bener-bener buta arah buat kesana.

9. Jaga kesehatan guys, jangan sampe di negara orang kita sakit, soalny bakalan nyusahin banget.

10. Cuss berangkat deh! 

Postingan selanjutnya aku bakalan cerita pengalamanku sama temen-temen backpackeran di negeri Singa. So keep in touch guys! xoxo

3 komentar:

felisitas mengatakan...

haii sis, mau tanya donkkk, kemaren pas ada bencana gunung kelud gitu kan bandara tutup, trus sis'nya panik gak??? trus gembel gak di sana sis karna gak bisa pulang? makasih sis infonya :)

Yustina Ayu mengatakan...

hohohoho engga dong sis, kita sih santai aja, tinggal perpanjang hotel di Marina Bay Sands aja, simpel kan hihihihi

felisitas mengatakan...

oo gitu ya sis?? trus nambah berapa dolar sis? kirain panik gitu sampe marah-marah gituuuuu.... soalnya parah banget sis kemaren ujan abunya :O soalnya aku juga dari jogja sis..