Minggu, 23 Februari 2014

Travelling ke Singapura 13-19 Februari 2014 (Part 1)

Hai hai blogger! Di postingan sebelumnya aku udah ngasih tips buat backpackeran ke Singapur. Nah di postingan ini, aku bakalan cerita pengalamanku selama seminggu disana, dari suka sampe dukanya ahayyy.
Yukss cekidots!!

Hari Pertama (13 Februari 2014)
Aku bangun sekitar jam setengah empat pagi, bukannya karna terlalu excited tapi gara-gara susah tidur semaleman dan harus berangkat ke jogja jam setengah lima -_- . Aku langsung mandi terus siap-siap sambil nungguin di bikinin indomie sama ibku hohohoho. Abis beres semua, tinggal nungguin supir yang di sewain sama ib buat nganter aku ke bandara, soalnya mas wing kerja dan babe dari semalem ke brebes gara-gara omku sakit.
Jam setengah 5 lebih aku berangkat, gak lupa pamitan sama seisi rumah terus cuss ke jogja. Jam setengah 6 lebih aku sampe di kosan, buru-buru naik ke atas buat ambil koper yang udah aku siapin dari kemaren terus cuss jemput si Apen sama Tita. Setelah jemput mereka, kita mampir ke Indomaret dulu buat beli air minum terus langsung ke bandara. Sampe bandara udah rame banget nih, kebiasaanku dari dulu, turun asal turun aja padahal hp masih di dashboard mobil. Buru-buru buka bagasi, ambil koper terus jalan aja lupa sama si ipin di mobil. Eh pas aku baru mau masuk, pak supirnya lari-lari sambil bawa ipinku, baru deh aku sadar kalo ipinku ketinggalan -_-.
Setelah urusan ipin beres, kita masuk ke bandara sambil nunjukin tiket, terus langsung checkin di counter AirAsia dan dapet boarding pass, terus jalan deh ke International Departures. Nah, waktu itu counter airport taxnya masih tutup, terus kata ibu-ibunya baru buka jam 7 gara-gara penerbangan di undur 1 jam, nunggu deh kita disana. Pas jam 7, counter buka terus kita antre buat bayar airport tax sebesar Rp. 100.000 terus masuk buat pemeriksaan imigrasi, disini paspor sama boarding kita di cek sama petugas imigrasinya. Terus koper sama tas kita di periksa pake alat x-ray gitu, terus di kasih tag cabin bag terus nunggu deh di waiting room sampe jam 8 lebih.
Pesawat yang akan membawaku ke negeri Singa hohoho

Aku + Tita lagi nunggu hohohoho
Jam 8 gitu ada pengumuman kalo penumpang AirAsia dengan nomor penerbangan QZ8102 tujuan Singapore di harap naik ke pesawat. Bersiap-siaplah kita bertiga, gak lupa buat berdoa terus pamitan lagi sama ortu by sms hoho. Terus kita antre jalan deh ke landasan pesawat.
Foto dulu hohoho tampang gembel tetep!
Abis itu kita masuk ke pesawat, terus duduk, dengerin pramugari ngejelasin cara-cara keselamatan terus take off deh tu pesawat. Perjalanan dari JOG-SIN sekitar 2 jam 30 menit. Pas di pesawat, pramugarinya ngebagiin lembar embarkasi buat dikasih ke imigrasi di Singapur nanti.
Kayak gini nih form embarkasinya, diisi yang bener kalo gak mau rempong pas di imigrasi
Gak kerasa 2 jam 30 menit berlalu, dan sampailah kita di Changi International Airport Singapore yeheeeyyy!!!! Hal pertama yang aku lakuin pas sampe adalah ngaktifin bbku, karna bbku bisa free roaming selama 3 hari karna operator BBku (XL) bekerja sama dengan operator M1 di Singapore ahayy asiiiikkkk. Langsung aku ngabarin kak Tyas sama mas Wing kalo aku udah sampe dengan selamat di Singapore. Di lanjut ke toilet buat pipis. Oh ya, toilet di singapur ini beda sama di Indo, jadi gak ada semprotan airnya gitu, untung aku bawa tisu basah hohohoho. Langsung deh abis itu isi air di tap water depan toilet sampe penuh terus foto-foto bentar terus nyari imigrasinya.
Di travelator mau ke imigrasi hohoho
Pas nyampe di imigrasi, kita ngambil peta Singapore yang di sediain gratis disana terus jalan ke counternya. Sempet deg-degan sih kalo di tanyain macem-macem dan kita gak boleh masuk singapore huhuhuhu. Untungnya aku gak di tanyain apa-apa, tinggal nunggu di cap terus di bukain deh tu gerbang menuju petualangan ahayyyy!
Setelah urusan di imigrasi beres, kita naik skytrain buat ke terminal 2, soalnya kita janjian sama mba Darling buat bayar tiket USS sama SOS. Muter-muter dikit terus ketemu deh sama mba Darling yang serba pake merah dari baju, tas, jam tangan, sendal, hp, laptop, ipad, hihihihihi. Kita sempet gak enak sama mba Darling gara-gara dia nunggu kita 1 jam an lebih huhuhu. Abis tanya-tanya sama mba Darling, kita langsung cus cari tempat duduk buat mamam sari roti yang kita bawa dari Jogja ahayyy. Setelah kenyang, kita cari petunjuk Train to City dan jalan kesana, ketemu deh tu MRT Changi Airport. Terus kita antre di ticketing office buat beli EZ-Link seharga 12SGD dengan saldo 7SGD. EZ-Link ini bisa di pake buat naik MRT (Mass Rapid Transit), bis, taxi, bahkan buat jajan di 7-11 hohohoho.Jangan lupa minta maps MRT di ticketing officenya, soalnya ini bakalan berguna banget nantinya.
EZ-Link sama MRT map

Setelah itu kita nungguin MRT yang akan nganterin kita ke hostel ahayyyy. Jadi dari Changi Airport, kita naik MRT yang warna ijo (East West Line) sampe ke stasiun MRT Tanah Merah. Semua orang pasti akan turun disini, soalnya MRT ini cuma jalan dari Tanah Merah ke Changi dan sebaliknya. Abis itu kita naik MRT yang warna ijo lagi yang ke arah stasiun MRT Joo Koon. Terus turun di stasiun Outram Park, nah di stasiun ini adalah perpindahan lintasan gitu. Jadi kita pindah ke MRT yang warna ungu (North East Line) ke arah Punggol. Terus turun deh di stasiun Clarke Quay. Oh iya, di MRT kita gak boleh makan, minum, ngerokok, sama bawa duren. Kalo di langgar, dendanya lumayan lho! Nah stasiun Clarke Quay ini ada di bawah mall Central Mall Clarke Quay. Langsung deh kita naik eskalator ke atas terus nyari jalan ke Hong Kong Street tempat hostel kita hohohoho.
Aku sama Tita mau nyebrang ke Hong Kong Street
Hostel kita ternyata gampang banget buat di temuin, dari Central Mall Clarke Quay tinggal nyebrang terus jalan 2 blok  terus belok kiri sampe deh. Hostel City Backpacker ini di samping 7-11 terus di apit gedung-gedung pencakar langit hohohoho. Setelah ketemu, kita ke Sevel dulu buat beli kartu prepaid SingTel, tapi kata ciciknya yang jualan katanya abis gitu, dan suruh beli ke daerah mana gitu gak jelas. Soalnya aku susah banget nangkep kalo orang cina ngomong inggris huhuhuhu. Yaudah deh kita cabut langsung ke hostel buat check in, eh resepsionisnya juga cicik-cicik -_-. Untung dia agak bisa di mengerti lah kata-katanya. Terus kita di kasih masing-masing 2 kunci, 1 buat kunci kamar, yang satunya buat kunci loker. Terus di kasih tau jalan ke kamar kita, kamar kita ada di lantai 2. Setelah bilang makasih, kita langsung naik ke kamar, dan pas buka pintu, taraaaaaa isinya cuma kita bertiga ahaayyyy. Jadilah kita langsung nyalain ac terus ngegeletak di tempat tidur. Kita tiduran sambil twitteran buat pamer kalo kita uda sampe di negeri Singa ini dengan selamat hohohoho
Sekitar jam setengah 4 sore kita capcus dari hotel buat cari makan terus lanjut ke Merlion Park. Karna bener-bener buta arah terus gak tau mau makan dimana, asal aja deh kita capcipcup. Kita naik MRT di Clarke Quay terus turun di stasiun Dhoby Gaut. Nah katanya disitu ada tempat makan enak + murah namanya Just Acia. Setelah muter-muterin mall, ketemulah itu tempat makan, dan ternyata pas kita sampe sana jam paket hematnya udah abis huhuhuhu. Yaudah kita cari tempat makan lain, terus ketemu satu tempat makan di samping Just Acia ini tapi aku lupa namanya, pokoknya disana jual nasi lemak gitu seharga 3.30SGD, langsung deh kita beli. Nasi lemak itu nasinya gurih, hampir mirip sama nasi uduk tapi lebih enak ini, terus ada ayam goreng, sayur, telor rebus, sama sambel. Pokoknya enak bangeeeettt!!!!
Ayam sama sayur buat nasi lemak
Setelah kenyang, kita lanjut perjalanan ke Merlion Park. Kita naik MRT di Dhoby Ghaut yang warna merah (North South Line) terus turun di stasiun Raffles Place. Dari sini kita cari pintu keluar, nah pas di atas stasiunnya itu ada taman, berhentilah kita disitu buat foto-foto bentar hohohoho
Tetep eksis pake Tongsis ahayy!!
 Terus kita jalan lagi buat nyari yang namanya Merlion Park. Dari Raffles Place kita nyebrang ke arah perkantoran, disana kebanyakan bank-bank besar kayak HSBC, OCBC, MayBank, Standard Chartered dll. Di belakang perkantoran itu ada sungai namanya Singapore River. Lagi-lagi kita berhenti buat foto-foto hohohoho
Ini nih yang namanya Singapore River
Lanjut jalan lagi nyari yang namanya One Fullerton Hotel, soalnya katanya Merlion Park ada disitu. Kita nyebrang jalan lagi terus turun ke bawah dan sampailah di Merlion Park. Disitu udah rame banget orang. Kita duduk-duduk dulu sambil foto-foto terus gak lupa foto sama the famous icon Merlion (Mermaid Lion). Patung yang berbentuk Duyung sama Singa yang terkenal banget ini jadi iconnya Singapura.
Merlionnya lagi di renovasi jadi gak keluar airnya -_-
Singapore Flyer
Marina Bay Sands
Foto sama the famous Merlion hohoho
Udah oks belom? hohohoho
Setelah puas foto-foto, kita lanjut jalan lagi ke Esplanade, karna kaki udah capek banget, kita duduk-duduk deh di depan Esplanade. Nah disitu banyak orang pacaran lagi cium-ciuman, bzzzzz -_-
Nyeker hahahhaha
Eksis pake Tongsis ahay!
Karna haus banget, kita lanjut jalan buat cari tap water tapi gak ketemu huhuhuhu. Akhirnya si Apen mengorbankan dirinya untuk membeli sebotol Coke seharga 1.20SGD hohoho makasih Apeeeen! Abis beli Coke, kita denger kayak ada suara musik-musik Cina gitu, terus kita jalan ke arah sana dan ternyata emang ada pertunjukan musik dan kayaknya gratis hohohoho. Kita langsung duduk terus foto-foto lagi hehehe
Bagus banget!
Karna bosen, kita lanjut jalan lagi ke belakang pertunjukan itu, ternyata ada pertunjukan laser di depan Marina Bay Sands, keren bangeeeet! Dan gratis hahhahahhaa. Kita duduk-duduk sampe itu laser berhenti terus lanjut jalan ke jembatan Helix. Ini jembatan keren banget, soalnya bentuknya spiral terus ada lampu-lampunya gitu.
So sweet gitu gak sih?
Sayang pake blitz huhuhu
Setelah kaki gempor banget ngelewatin jembatan yang panjangnya sak hoh hah, kita masih harus nyari MRT yang paling deket buat balik ke hostel. Setelah baca-baca peta, ternyata MRT yang paling deket adalah BayFront. Dan ternyata, jauuuuuh banget bok! Selama di perjalanan ke MRT, kita nyari-nyari Sevel buat beli kartu, dan ternyata di dalem stasiunnya ada Sevel, horayyy!! Langsung deh kita beli kartu prepaid Singtel dan ternyata ada, double horayyyy!!! Kita langsung beli kartu seharga 15SGD tapi isinya 18SGD dan gampang banget buat paketan internetnya hohoho. Oh iya, buat beli kartu ini, kita harus nunjukin paspor.
Nah abis beres urusan kartu, kita langsung cus naik MRT Bayfront yang warna kuning(Circle Line) yang ke arah Dhoby Ghaut terus turun di MRT Dhoby Ghaut terus ganti MRT yang warna ungu (North East Line) yang ke arah Harbour Front terus turun di MRT Clarke Quay dan lanjut jalan ke hostel hosh hosh hosh.
Sampe di hostel langsung mandi, bikin mi gelas sama itung-itungan pengeluaran terus balik ke kamar, ternyata kita udah punya tetangga huhuhuhu mereka berlima adalah orang Thailand yang sangaaaaat sopan hohohoho.
Pas mau tidur, kita bertiga ngobrol-ngobrol tentang suara gunung Kelud yang kedengeran sampe Solo. Saat itu kita belom menyadari awal penderitaan kita huhuhuhu.

To be continued.
Tunggu part-part selanjutnya yah!
Just keep in touch, xoxo!